Rabu, 02 Desember 2015

Pelatihan Masyarakat Nelayan yang Rentan Masalah Sosial









BNNK - Touna - 2015

Touna - Bertempat di Desa Kulingkinari Kecamatan Batudaka Kabupaten Tojo Una Una, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tojo Una Una (Touna) menggelar Kegiatan Sosialisasi Pelatihan kepada Masyarakat Nelayan yang Rentan akan masalah Sosial. Rabu 25 November 2015

Kegiatan yang di hadiri Pak Camat Batudaka Idris Lapaola dan sekaligus membuka acara pada saat itu. Hadir juga Narasumber dalam kegiatan Direktur Rumah Sakit Wakai dr. Wilis dan Kepala BNN Kabupaten Touna AKBP Sunarko.

Dalam materinya dr.Wilis membawakan Seputar Pola Hidup Sehat Masyarakat Nelayan, dr.Wilis mengatakan masyarakat yang hidup di wilayah kepulauan sangat rentan akan penyebaran virus, olehnya itu masyarakat yang mempunyai rumah di atas laut tidak membuat wc dengan pembuangannya berakhir di laut, dengan membuat penampungan pembuangan kotoran (Septitank) di darat akan lebih baik.

Sunarko dalam materinya mengatakan kepada masyarakat agar bisa mengenal jenis jenis obat dan bahasa anak muda untuk menyebut obat ini, karena obat jenis THD yang marak di Ampana dan Kepulauan adalah THD yang bisa di sebut Katapel atau Kapuka.

Lanjut Sunarko, dengan mengenal istilah istilah itu para orang tua bisa tahu apakah ada anggota keluarganya yang menggunakan, dan juga Sunarko mengatakan penggunaan jangka panjang obat jenis Katapel ini akan membuat penggunanya semakin bodoh, bahkan bisa gila. Sudah banyak korban di 2 bulan lalu yang sempat masuk di RS Umum Ampana.

Sunarko juga mengatakan bahwa BNN saat ini hanya bisa melakukan Rehabilitasi kepada para Korban Pengguna Narkoba yang di atur dalam UU Narkotika, sedangkan obat yang masuk dalam daftar G ini yang di Ampana sangat banyak Penggunanya hanya di atur dalam UU Kesehatan. Jadi kepada para Korban Pengguna THD maaf kalau kalian tidak bisa di bantu oleh BNN seputar Pengobatan Rawat inap dan Rawat jalan.

Dengan begini masyarakat di harapkan agar bisa peka terhadap anggota keluaraganya untuk tidak mencoba coba menggunakan THD, dan bisa melaporkan secepatnya kepada Pihak berwenang atas tindakan Negatif yang dilakukan baik keluarga maupun tetangga. Demi terciptanya wilayah Kepulauan yang Sehat tanpa Narkoba.




(BNNK-Ndy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar